Jurnal Komunikasi
Vol. 9 No.1 Maret 2018
ISSN 2086-6178
Penulis : Jusuf Fadilah, M.I.Kom, Dina Andriana, M.I.Kom, Widarti, M.I.Kom
Halaman : 142 - 149
Informan dalam penelitian ini adalah anggota kelompok Garasi Barokah yang berjumlah 5 orang dan telah memenuhi kriteria informan yang ditentukan. Adapun informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah informan yang mengetahui dan memahami tentang keadaan dan aktifitas kelompok remaja penggemar diecast, lama Informan bergabung, tingkat rutinitas informan, dan tingkat pendidikan informan.
Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yaitu, reduksi data, penyajian (display) data dan verifikasi data. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang penulis lakukan, penulis melihat ada beragam alasan yang melatarbelakangi anggota Garasi Barokah untuk bergabung kedalam kelompok remaja penggemar diecast. Suatu kebanggan tersendiri yang didapatkan oleh anggota dalam keikutsertaan bergabung dikelompok tersebut, jika seseorang remaja memiliki diecast yang unik dan rare/hot item dengan sendirinya para remaja merasa kesan hunter ataupun kolektor melekat pada diri si pemilik diecast. Aktifitas yang dilakukan Garasi Barokah tidak hanya berkumpul, akan tetapi Garasi Barokah rutin melakukan kegiatan fotografi diecast toys, bakti sosial, hunting bersama, karena itu dampak yang didapat tidak hanya tubuh menjadi sehat karena hunting bareng, rasa sosial para remajapun semakin meningkat karena kegiatan bakti sosial yang rutin dilaksanakan.
Kata kunci: Diecast, Remaja, Garasi Barokah
Untuk Link Jurnal Lebih Lengkap, Klik tautan dibawah ini:
0 komentar:
Posting Komentar