Jurnal Komunikasi
Vol. 5 No.1 Maret 2014
ISSN 2086-6178
Penulis : Jusuf Fadilah, M.I.Kom
Halaman : 44 - 53
Dalam menentukkan source pengiklan selalu mencari siapa yang yang akan menarik perhatian target khalayaknya apakah seorang penyanyi, bintang film, atlet atau seorang model. Mereka mencari seorang yang mampu menyampaikan pesan iklan kepada khalayak. Penelitian ini menggunakan teori modeling bandura, teori endorser, dan teori brand image untuk membantu peneliti untuk mengamati pengaruh endorser terhadap terciptanya sebuah citra merek, dan memfokuskan sudut pandang penelitian terhadap variabel-variabel yang ditetapkan.
Populasi yang diteliti adalah 279 orang mahasiswa/i Advertising salemba 45 semester 2 dan 4. Alasan memilih populasi ini adalah karena mahasiswa/i semester ini adalah bagian dari masyarakat yang sedang menuju ke arah dewasa dengan menyerap segala informasi yang mereka terima, kemudian mereka dapat menyaring kembali informasi-informasi yang didapat. Kemudian para mahasiswa/i ini sesuai dengan target penelitian, BSI memposisikan produknya di kisaran umur 18 – 24 tahun dan erat hubungannya dengan orang muda yang aktif (memiliki banyak kegiatan).
Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Endorser (variabel X) terhadap Pembentukkan Citra (variabel Y) BSI Versi “Mirip Obama” dalam Iklan Televisi di Kalangan mahasiswa/I D3 Advertising semester 2 dan 4 BSI Salemba 45 digunakan analisis korelasi pearson yaitu korelasi Pearson’s Product Moment. Hasil dari penelitian ini menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,718 dan koefisien penentu sebesar 51,5 %. Dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh endorser mirip Obama terhadap pembentukkan brand image BSI bernilai 0,718 yaitu memiliki tingkat hubungan yang positif kuat dengan presentase hubungan sebesar 51,5 %.
Kata Kunci : Periklanan, Endorser, Brand Image
Untuk Link Jurnal Lebih Lengkap, Klik tautan dibawah ini:
0 komentar:
Posting Komentar