category : catatan kuliah
dibawah ini adalah catatan kuliah gw selama menempuh pendidikan lanjutan, semoga dapat membantu teman-teman yang sedang kuliah di jurusan komunikasi khususnya advertising..
Advertorial adalah jenis artikel yang mempromosikan suatu produk dengan mengambil bentuk naskah editorial. Biasanya naskah ini digunakan untuk memperkenalkan suatu produk.
Tujuan
1. Mewakili lembaga/perusahaan dalam mengenalkan produk atau jasa
2. Mempersuasi khalayak
3. Mengedukasi khalayak dengan informasi lebih rinci
4. Membangun citra sekaligus popularitas
Formula Dalam Advertorial
Sama halnya dengan pembuatan iklan pada umumnya, advertorial pun harus memperhatikan formula AIDCA:
1. Attention; memecahkan perhatian pembaca dari berita editorial atau iklan lain. Perhatian dapat diraiih dengan memanfaatkan posisi dalam publikasi.
2. Interest; menarik pembaca/khalayak agar memperhatikan tulisan iklan yang dibuat.
3. Desire; pembaca/khalayak didorong untuk menginginkan produk/jasa yang diiklankan
4. Conviction; menampilkan fakta-fakta yang meyakinkan, bukti-bukti dari penampilan, kesaksian-kesaksian, dan fakta-fakta lain yang berkaitan dengan produk yang diiklankan
5. Action; mampu menimbulkan suatu respon.
Unsur Tulisan Dalam Advertorial
Unsur tulisan yang ada dalam teks iklan bisa menarik apabila memasukkan unsur;
1. Emosional; kebutuhan emosional dasar, antara lain: penampilan diri (self assertion), cinta kasih, persahabatan (companionship), pemeliharaan diri (self preservations), rasa ingin memiliki (acquitivenes), rasa ingin tahu, rasa aman dan kenyamanan.
2. Factual Hard Selling; teks menggunakan kaidah AIDCA yang sangat kompetetitif dan persuasif.
3. Faktual edukasional; iklan jenis ini lebih informatif.
4. Narasi; penulisan iklan yang menekankan pada iklan persuasif
5. Prestise; tulisan advertorial mempunyai unsur prestise dibanding bentuk iklan lainnya di media cetak maupun elektronik, karena mempunyai kolom yang khusus maupun perlakuan yang berbeda (harga) dibanding iklan lainnya.
6. Gambar serta keterangan; tulisan advertorial biasanya dilengkapi dengan gambar dari produk yang diiklankan juga dilengkapi dengan keterangan cara penggunaannya.
7. Monolog dan Dialog; Iklan bisa saja berupa testimonial yang disampaikan oleh orang/lembaga yang terkenal.
8. Pembaca (reader); tulisan advertorial akan menggugah minat pembacanya apabila apa yang menjadi kebutuhan pembacanya ada didalam tulisan tersebut. Pembaca seolah-olah terlibat secara emosi berada dalam tulisan advertorial.
9. Gimmick; tulisan advertorial yang dilengkapi dengan alat-alat / sarana pendukung promosi lainnya.
10. Kesaksian; daya tarik tulisan advertorial adalah adanya kesaksian dari si pengguna produk yang dipromosikan.
11. Kutipan; adanya kutipan dari para pakar / ahli / seperti dokter yang mendukung produk yang dipromosikan. Untuk produk seperti handphone misalnya kita bisa menuliskan kutipan pernyataan dari Roy Suryo, seorang pakar dibidang komunikasi dan telematika.
0 komentar:
Posting Komentar